Rabu, 08 Februari 2017

Menjaga Rahasi Bag 2 - Royadussolihin - Buya Yahya

Kajian Hadis Riyadussolihin  Bersama Buya yahya
Cirebon, Ahad 8 Jumadil Awwal 1438 H / 5 Februari  2017 M
Oleh Ahmad Nurhudaya /  Huda Elhadi 
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, و به نستعين على أمور الدنيا و الدين و الصلاة و السلام على أشرف الأنبياء و المرسلين و على أله و صحبه أجمعين ( اما بعد )
Muqoddimah Al-Ustadz Reza
Ø Jika seseorang mempunyai niat yang baik niscaya Alloh akan berikan jalan untuk menempuh niat tersebut
Ø Yang namanya hidayah hendaknya kita syukuri , karena yang namanya hidayah adalah pilihan Alloh swt, tidak semua orang Alloh beri hidayah. Terutama hidayah yang Alloh berikan kepada kita sekarang kita duduk di dalam majelis ilmu, hidayah dari Alloh SWT kita mudah melakukan amal ibadah. Itu semua perlu kita syukuri
Ø 3 oleh – oleh yang diberikan oleh ust Reza dan hendaknya kita amalkan dalam kehidupan kita sehari – hari .
1.    الحرية  ( kemerdekaan )
Adalah kita menggantungkan segala sesuatu hanya kepada Alloh SWT, jika ada orang yang masih menggantungkan kebahagiaanya dengan ukuran materi maka dia belum bisa dikatakan orang yang merdeka.

2.    الرزق  ( Rizki )
Rizki memiliki 5 Aspek :
a)     Fisik ( kesehatan ) /  الجســـــم
b)    المالية  ( Harta / materi )
c)     الشعورية  ( perasaan )
d)    الإجتماعية  ( social / Pergaulan )
e)     الروحانية  ( Rohani )

3.    السعادة    ( Kebahagiaan )
Ciri orang bahagia ada 2        :
a)     Hidupnya penuh berkah
b)    Diampuni dosanya oleh Alloh


Menjaga Rahasia Bag*2
 و عن عائشة رضي الله عنها قالت : كن أزواج النبي (ص.ل )عنده, فأقبلت فاطمة رضي الله عنها تمشى, ما تخطئ مشيتها من مشية رسول الله ( ص . ل ) شيئا, فلما رأها رحب بها و قال : ( مرحبا بابنتي ) ثم أجلسها عن يمينه أو عن شماله , ثم سارها فبكت بكاء شديدا. فلما رأى جزعها سارها الثانية فضحكت, فقلت لها خصك رسول الله ( ص.ل ) من بين نسائه بالسرار, ثم أنت تبكين  فلما قام رسول الله ( ص. ل ) سألتها : ما قال لك رسول الله (ص.ل) قالت : ما كنت لأفشي على رسول الله ( ص.ل ) سره. فلما توفي رسول الله ( ص.ل ) : عزمت عليك بما لي عليك من الحق, لما حدثتني ما قال لك رسول الله ( ص.ل ) فقالت أما الأن فنعم, أما حين سرني فى المرة الأولى فأخبرني (( أن جبريل كان يعارضه القرأن فى كل سنة مرة أو مرتين, و أنه عرضه الأن مرتين , و إني لا أرى الأجل إلا قد اقترب فالتقى الله و الصبرى , فإنه نعم السلف أنا لك )) فبكيت بكائي الذي رأيت, فلما رأى جزاعى سارنى الثانية , فقال (( يا فاطمة أما ترضين أن تكونى سيدة نساء العالمين , أو سيدة  نساء هذه الأمة)) فضحكت ضحكى الذي رأيت . متفق عليه . و هذا لفظ مسلم
Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya: "Kita semua para isteri Nabi s.a.w. sedang berada di sisi beliau s.a.w. itu. Kemudian menghadaplah puterinya yakni Fathimah radhiallahu 'anha dengan berjalan dan jalannya itu tidak ada salahnya samasekali – yakni sama persis - dari jalannya Rasulullah s.a.w. Ketika beliau s.a.w. melihatnya, beliaupun menyambutnya dengan baik dan bersabda: "Marhaban hai puteriku." Fathimah disuruhnya duduk di sebelah kanannya atau - menurut riwayat lain - di sebelah kirinya. Seterusnya Nabi s.a.w. membisikinya, lalu Fathimah menangis dengan tangisnya yang keras sekali. Setelah beliau s.a.w. melihat kegelisahan puterinya lalu dibisikinya sekali lagi, ialu Fathimah tertawa." Saya - Aisyah - berkata kepada Fathimah: "Engkau telah diistimewakan oleh Rasulullah s.a.w. di antara sekalian isteri-isterinya dengan dibisiki, kemudian engkau menangis." Sesudah Rasulullah s.a.w. berdiri dari tempatnya, lalu saya - Aisyah – bertanya kepada Fathimah: "Apakah yang disabdakan oleh Rasulullah s.a.w. padamu itu?" Fathimah menjawab: "Saya tidak akan menyiar-nyiarkan apa yang dirahasiakan oleh Rasulullah s.a.w." Sesudah Rasulullah s.a.w. wafat, saya berkata kepada Fathimah: "Saya bersengaja hendak bertanya kepadamu dengan cara yang sebenarnya, supaya engkau meberitahukan kepadaku apa yang disabdakan oleh Rasulullah s.a.w. Fathimah menjawab: "Kalau sekarang, baiklah saya memberitahukan itu. Adapun yang dibisikkan oleh beliau s.a.w. pada pertama
kalinya, yaitu beliau s.a.w. memberitahukan kepada saya bahwasanya Jibril dahulunya
memberikan kepadanya wahyu dari al-Quran itu dalam setahun sekali, sedang sekarang dalam setahun diberikan dua kali. Beliau s.a.w. bersabda: "Sesungguhnya saya tidak mengetahui tentang datangnya ajalku itu, melainkan tentu sudah dekat. Maka dari itu
bertaqwalah engkau dan bersabarlah, sesungguhnya saja sebaik-baiknya orang yang
mendahului ialah saya mendahuluimu." Karena itu lalu saya menangis sebagaimana tangisku yang anda lihat dulu itu. Selanjutnya setelah beliau s.a.w. melihat betapa kegelisahan hatiku, lalu saya dibisikinya untuk kedua kalinya, lalu beliau bersabda: "Hai Fathimah, tidakkah
engkau suka jikalau engkau menjadi penghulu -pemimpin - dari seluruh wanita dari
kalangan kaum mu'minin atau penghulu dari seluruh wanita dari kalangan ummat ini?" Oleh karena itu, maka sayapun ketawa sebagaimana yang anda lihat dulu itu." (Muttafaq 'alaih. Ini adalah lafaznya Imam Muslim)  


         و عن ثابت عن أنس رضي الله عنه  قال : أتى علي رسول الله ( ص.ل ) و أنا ألعب مع الغلمان , فسلما علينا فبعثني فى حاجة, فأبطأت على أمي, فلما جئت قالت :ما حسبك  قالت بعثني رسول الله ( ص.ل )  لحاجة, ما حاجته  قالت إنها سر . قالت لا تخبرن بسر رسول الله ( ص.ل ) أحدا قال أنس : و الله  لو حدثت به  أحدا لحدثتك  به  يا ثابت .
رواه مسلم . وروى البخارى مختصرا   .
Dari Tsabit dari Anas r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. mendatangi saya dan di
waktu itu saya sedang bermain-main dengan beberapa orang anak. Beliau s.a.w.
mengucapkan salam pada kita, kemudian menyuruh saya untuk sesuatu keperluannya. Oleh sebab itu saya terlambat mendatangi ibuku. Selanjutnya setelah saya datang, ibu lalu bertanya: "Apakah yang menahanmu - sampai terlambat datangnya ini?" Saya berkata: "Saya diperintah oleh Rasulullah s.a.w. untuk sesuatu keperluannya." Ibu bertanya: "Apakah hajatnya itu?" Saya menjawab: "Itu adalah rahasia." Ibu berkata: "Kalau begitu jangan sekali-kali engkau memberitahukan rahasia Rasulullah s.a.w. tersebut kepada siapapun jua." Anas berkata: "Demi Allah, andaikata rahasia itu pernah saya beritahukan kepada seseorang, niscayalah saya akan memberitahukan hal itu kepadamu pula, hai Tsabit." Diriwayatkan oleh Imam Muslim, sedang Imam Bukhari meriwayatkan sebagian dengan diringkaskan.


Wallohu a’lam Bissowab 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar